Jumat, 23 Desember 2011

SEMANGKA


Saat ini saya akan mengupas sedikit tentang suatu kreativitas manusia yang kelihatannya biasa saja, namun ternyata mampu menjadi trend pasar yang sangat luas.

Siapa yang tidak mengenal buah semangka? Untuk yang sangat menyukai semangka, jangan pernah mau untuk tinggal di Jepang!! Pasti sangat sengsara rasanya. Kita tahu, harga semangka di sini untuk yang kualitasnya biasa saja mungkin bisa kita dapatkan berkisar 10-15 ribu rupiah. Tetapi di Jepang, dijual dengan harga sekitar 2000 yen (Rp 160.000) per-buah, sementara untuk yang kualitas bagus harganya sekitar 4000 yen (Rp 320.000).



Selama ini di Jepang, budidaya buah semangka sedang dalam proses perbaikan mutu buah yang lebih efisien. Semuanya dilatarbelakangi oleh keterbatasan Jepang dalam hal tempat penyimpanan, terutama di daerah berpenduduk padat. Hal ini menjadi dilema bagi pemilik toko penjual makanan. Dan seperti swalayan pada umumnya, pemilik toko memiliki keterbatasan dalam meyimpan semangka. Semangka yang berbentuk bulat dan besar banyak memakan tempat penyimpanan. Hal inilah yang memunculkan ide bagi petani di sana untuk membuat semangka berbentuk kotak. Dan walaupun sebelumnya sempat disangsikan keberhasilannya oleh banyak pihak. Faktanya, sekarang semangka kotak sudah tersedia.

Semangka berbentuk segi empat ini adalah hasil olahan petani di Prefektur Kagawa, sebelah barat daya Pulau Shikoku. Lalu, bagaimana cara membuatnya?? Apa mereka memakai bibit tertentu?? Tidak, mereka membuatnya dengan memasukkan semangka ke dalam sebuah kotak berbentuk kaca seperti ini


Dengan diciptakannya semangka berbentuk kotak, maka untuk menyimpan semangka ini juga jauh lebih praktis. Bisa ditumpuk-tumpuk, bisa diletakkan di sudut, dipaketkan dalam kotak pengiriman, dan lain-lain.

Kita mungkin juga akan merasa senang melihat kreasi-kreasi bentuk buah yang aneh ini. Tetapi mungkin masih sebatas senang melihatnya saja, dikarenakan harganya benar-benar tidak masuk akal untuk konsumen Indonesia. Coba bayangkan, untuk 1 buah semangka kotak harganya 10.000 yen (Rp.800.000)!

Dari kabar yang diperoleh di negara Jepang, semangka kotak ini biasanya dijadikan hadiah untuk orang-orang penting, atau sebagai hadiah dalam acara-acara formal saja.

Dalam kurun waktu belakangan ini, selain semangka kotak, muncul juga semangka-semangka berbentuk lain. Yang sudah pernah diperlihatkan diantaranya semangka segitiga, semangka bulat raksasa, semangka bentuk hati, bahkan konon ada semangka berbentuk wajah manusia. Memang banyak cara untuk membuat bentuk semacam itu, mungkin bisa dimulai dari rekayasa pertanian.

Sampai sekarang ini, harga semangka-semangka terbaru ini juga lebih mahal daripada semangka kotak. Sebagaimana pernah dipublikasikan di Shibuya, Jepang, mungkin harga semangka segitiga sekitar 30.000 yen (2,4 juta rupiah). Tapi ternyata harganya cukup bervariasi tergantung besarannya juga. Kalau sempat, kita bisa bandingkan perbedaan harganya di pasar internet, harga semangka segitiga biasanya sekitar 30.000-100.000 yen (100.000 yen = 8 juta rupiah).

Semangka kotak ini telah menginspirasi berbagai macam bentuk semangka lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar