Jumat, 23 Desember 2011

Kuliner Surabaya


Surabaya memang tidak pernah mati. Kota pahlawan yang penuh dengan sejarah ini juga memiliki banyak makanan enak yang patut untuk dicoba. Jika berkunjung ke kota Surabaya, pastikan anda tidak lupa mencicipi makanan berikut.

1. 3. Rujak Cingur Genteng Durasim
(Jl. Genteng Durasim 29, Surabaya, 031 5358213)
adalah salah satu makanan khas dari Surabaya . Terbuat dari aneka buah-buahan (kedondong, mangga muda, belimbing, nanas, bengkuang, mentimun, krai segar –sejenis mentimun), sayur-sayuran (krai rebus, kangkung, kacang panjang, kecambah), tempe goreng, tahu goreng, lontong, tidak ketinggalan cingur dan kerupuk. Sungguh makanan yang bergizi dan memenuhi syarat kesehatan. Di sini harganya tidak terlalu mahal. Menu lain yang juga populer di sini adalah sop buntut yang cocok untuk meredam pedasnya rujak cingur.

2. Bebek remuk Pak Ndut
( Jl. Abdul Wahab Siamin, Komplek Perumahan Villa Bukit Mas no 8, 5615977)
Untuk menu bebek utuh, bebek di sini benar-benar empuk. Ada menu lainnya yaitu bebek sangan dengan aroma asap, ada juga bebek remuk digoreng kering. Untuk pelengkapnya adalah lalapan, daun kates dan sambal komplit yang bisa anda pilih sesuai selera.

3. Depot Dupa
(Jalan Dukuh Pakis I, masuk dari Mayjend Sungkono arah ke HR Muhammad, dari jalan sebelah Showroom YAMAHA )
Depot MMS ( Jl. Darmo Permai Timur 6/11)
Anda patut mencoba makan di depot di atas, makanan rumahan, harga masih masuk di kantong, porsi pas dan lumayan kenyang



4. Tahu campur Ciliwung
(Jl. Ciliwung, seberang poliklinik RKZ surabaya)
Tahu campur juga merupakan makanan khas kota Surabaya. Tahu Campur di tempat ini sudah terkenal enak dan harganya terjangkau.

5. Tahu Tek Pak Ali
(Jl. Dinoyo 147 A)
Satu lagi makanan khas dari Surabaya adalah Tahu Tek . Makanan ini terdiri atas tahu goreng setengah matang yang dipotong kecil-kecil dengan gunting, kentang goreng setengah matang, taoge, irisan ketimun dipotong kecil-panjang (seperti acar) dan kerupuk udang. Semua itu kemudian disiram dengan bumbunya yang terbuat dari petis, air matang secukupnya (jangan sampai terlalu encer), kacang tanah, cabe dan bawang putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar