Jumat, 23 Desember 2011

Jember

Saya berasal dari Jember, suatu kota yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Jember itu di Jawa Tengah ya? Jember itu sebelah mananya Kediri? Pertanyaan-pertanyaan itu sering muncul ketika saya menyebutkan kota asal saya. Kota saya ini memang jarang dikenal oleh orang-orang dari kota besar, tapi sebenarnya kota Jember memiliki banyak bibit muda yang menjadi orang sukses di luar sana, sebut saja Taufik Hidayat, Dewi Persik, dan Anang Hermansyah. Semua orang-orang itu berasal dari Jember.

Melalui postingan ini, saya akan memperkenalkan kota Jember, kota tempat saya dibesarkan.


Kabupaten Jember adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang beribukota di Jember. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Kabupaten Lumajang di barat. Kabupaten Jember terdiri atas 31 kecamatan.

Ada banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi di kabupaten Jember ini, di antaranya adalah:




Pantai Watu Ulo di terletak sekitar 25 Km dari Kecamatan Ambulu dan pada saat hari-hari libur biasanya banyak anak-anak muda dan rombongan keluarga yang pergi kesana untuk berlibur, apalagi saat hari-hari besar dan hari raya. Mereka biasanya pergi ke sana bersama-sama dengan keluarga mereka masing-masing menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Pantai Watu Ulo memiliki panorama yang mempesona menghadap lautan Indonesia dengan deretan batu karang menyerupai ular.

Pantai Tanjung Papuma dengan pesona pasir putihnya dan Wisata Sejarah berupa peninggalan Gua Jepang.  Pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Pasir Putih Malikan. Dinamakan Papuma karena pantai ini berpasir putih dengan hamparan batu-batu yang bila diterjang ombak lalu saling terberai membalik. Pantai papuma adalah pantai yang sangat eksotik bila dibandingkan dengan pantai pantai yang ada di jawa timur, karena memiliki keindahan pantai dan laut yang menawan dengan pantai yang hijau kebiruan menjadikan tenpat wisata ini banyak dikunjungi baik dari warga Jember sendiri juga dari kabupaten lain.

Pantai Puger yang terletek 15 Km dari kecamatan ambulu ditempat wisata ini juga banyak dikunjungi oleh banyak orang dan paling banyak adalah anak-anak muda untuh menghibur diri. Pantai Puger juga menjadi surga bagi orang yang suka memancing. Di pantai ini juga terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang menjual ikan hasil tangkapan nelayan. Disekitar Pantai Puger juga terdapat Cagar Alam Puger Watangan dengan pesona sumber air Kucur. Pantai Puger juga merupakan gerbang keluar menuju Cagar Alam Pulau Nusa Barong.





Di bawah ini adalah suwar-suwir, makanan khas dari kota Jember yang biasa digunakan sebagai oleh-oleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar