Selasa, 20 Desember 2011

MAHASISWA


M-A-H-A-S-I-S-W-A
Kita semua bisa membacanya, dan tau siapa itu mahasiswa. Tapi, taukah Anda perbedaan mahasiswa dengan siswa??

Sebagian besar dari kita tentu menjawab "Tempat kuliahnya!" atau "Mahasiswa lebih bebas jadwal masuknya". Menurut saya, itu jawaban yang sangat tidak dewasa. Lebih baik kembali ke Taman Kanak-Kanak saja kalau jawabannya seperti itu.

Mahasiswa, dari katanya saja ada kata "maha". Maha dalam hal ini bukan berarti super atau lebih dari siswa. Namun, mahasiswa berarti siswa yang siap menanggung tanggung jawab lebih setelah mengikuti pembelajaran dari SD sampai SMA.

Poin pentingnya adalah, mahasiswa itu memiliki peran fungsi mahasiswa. Berikut ini adalah peran fungsi dari mahasiswa :

1. Iron Stock, mahasiswa harus bisa menjadi pengganti orang-orang yang memimpin di pemerintahan nantinya, berarti mahasiswa akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini. (mesti sekuat besi)
2. Agent Of Change, mahasiswa dituntut untuk menjadi agen perubahan. Maksudnya, bila ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu salah, mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan sesungguhnya.
3. Social Control, mahasiswa harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkungan sekitar. Jadi, selain pintar dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi dengan lingkungan.
4. Moral Force, mahasiswa diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang ada. Bila di lingkungan sekitar terjadi hal-hal yang tidak bermoral, maka mahasiswa dituntut untuk merubah dan meluruskan kembali sesuai dengan apa yang diharapkan. (wew)

Jadi, itulah 4 peran  fungsi utama kita sebagai mahasiswa. Kita harus bisa menjadi penerus bangsa ini, melakukan suatu perubahan drastis guna memajukan bangsa. Kalau bukan kita yang melakukannya, siapa lagi??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar